SUKABUMI TRIP 3 HARI 2 MALAM ITINERARY

‘Short trip dari Jakarta’
‘Tempat wisata dekat Jakarta’
‘hmm.. bingung harus kemana..’

‘Kemana ya tujuan wisata yang dekat dari Jakarta?’
‘Oh, Bogor kalau gak Bandung’
‘Hmm..Udah sering, selain itu?’
‘SUKABUMI!’

Bagi kita yang tinggal di hiruk pikuknya kota Jakarta, seringkali kita merasa suntuk atau ‘eneq’ dengan kemacetan dan kepadatan ibukota Indonesia ini. Short Trip, Short Escape, Short Gateaway sering menjadi cara kita untuk melepas penat. Bogor dan Bandung mungkin menjadi tujuan favorite untuk kabur dari Jakarta, namun apakah kita tau 115km dari Jakarta terdapat spot tempat wisata yang luar biasa indah dan jauh dari kebisingan kota? Yess, SUKABUMI here we go!!

HOW TO GET TO SUKABUMI FROM JAKARTA?

  • BY PRIVATE CAR

Cara yang paling praktis dan mudah untuk mencapai Sukabumi. Kita tinggal buka google maps atau GPS lainnya dan tulis Sukabumi. Iya, semudah itu dan tinggal GO! Saat ini tol ke sukabumi masih dalam proses pembangunan sehingga kita harus lewat jalur alternatif. Namun tidak perlu khawatir karena perjalanan hanya memakan waktu kurang lebih 3-4 jam.

  • BY TRAVEL CAR

Kita pun dapat menaiki mobil travel (biasanya mobil elf) dari Jakarta menuju Sukabumi. Berikut rekomendasi travel yang bisa kalian naiki.

Siliwangi Trans
No Whatsapp: +62-812-12123140
Harga tiket sekali jalan adalah Rp. 100.000 (Jakarta-Sukabumi)
Titik meeting point Jakarta: Plaza Festival Kuningan, Jakarta Selatan (Jl. HR Rasuna Said blok GF 25, Patokannya belakang bakmi GM)
Titik meeting point Sukabumi: Sukabumi Toserba Selamat (Jl. RE Martadinata No. 67-515, Kebonjati, Patokan diatas pencucian mobil)

  • BY TRAIN

Kereta menuju sukabumi berangkat dari Bogor. Jadi kalian bisa naik KRL Jakarta-Bogor terlebih dahulu, lalu ganti kereta menuju Sukabumi. Harga tiket kereta Bogor-Jakarta bervariasi tergantung jenis dan tiket yang dipilih. Kalian bisa langsung cek di website resti Kereta Api Indonesia Kai.id atau dari applikasi seperti traveloka.

WHERE TO GO IN SUKABUMI?

Berikut itinerary Jakarta – Sukabumi yang saya buat dan sudah dijalankan, semoga dapat menjadi bahan referensi dan pilihan bagi kalian yang ingin menghirup udara segar.

HARI 01 : JAKARTA – SUKABUMI

09.00 Berangkat dari Jakarta menuju Sukabumi
Waktu itu saya berangkat menggunakan mobil, jadi lebih enak mengatur waktu dan tidak perlu kejar-kejaran dengan jadwal travel atau kereta (apalagi untuk ketempat meeting point atau stasiun kudu macet-macetan)

13.00 Tiba di Sukabumi
Jalanan relative lancar dan tiba di sukabumi saat makan siang

13.30 Makan siang

15.00 Objek Wisata 1: Pondok Halimun
Termasuk dalam wisata alam di kaki Gunung Gede Pangrango. Destinasi wisata ini menawarakan beragam pilihan rekreasi di alam terbuka seperti perkemahan, air terjun, curug, dan aktivitas lainnya. Karena niat kami hanya untuk santai dan main air, jadi kami hanya santai menghirup udara segar dan main air di kali hihi.
Tiket Masuk Gerbang: Rp. 10.000/Orang
Tiket Masuk Wisata Pondok Halimum: Rp. 2500/Orang

16.30 Objek Wisata 2: Kebon Teh / Tea Plantation
Hijau Hijau, area hijau kebun teh selain bertujuan untuk menanam teh bisa juga dimanfaatkan untuk foto foto loh, bagi kalian yang ingin menghirup udara sejuk, segar dan bersih, tempat ini merupakan salah satu opsi yang dapat dimasukkan di jadwal perjalanan kalian.
Tiket Masuk: Gratis

17.30 Makan Malam

18.30 Jalan Jalan di Pusat Kota Sukabumi
Walaupun tujuan utama saya dan teman teman adalah untuk santai menghirup udara segar, namun karena sudah sampai Sukabumi, tidak lengkap jika tidak sekalian lihat pusat kota Sukabumi, pusat jajanan, tempat makan dan toko-toko semua rata-rata berada di pusat kota ini. Semua toko, mall, restaurant rata-rata tutup jam 09.00 Malam, jadi lewat dari jam itu rasanya seperti kota ‘hantu’ alias sepi sekali.

19.30 Istirahat
Waktu itu karena salah satu teman kami adalah orang sukabumi, jadi kami menginap di rumah doi di daerah Selabintana (La Palma Residence), komplek perumahan baru yang bagus dan nyaman. Lokasinya menuju lebih ke atas dan jaraknya hanya sekitar 10-15menit dari pusat kota. Bagi kalian yang mungkin berencana ke Sukabumi dan berencana sewa rumah atau villa, lokasi di atas dapat dijadikan salah satu referensi ya. Malam hari dapat dihabiskan dengan ngobrol, nyemil dan ‘party’ LOLOLOLLL~

HARI 02 : SUKABUMI (HIGHLIGHT)

07.00 Morning Call
Bangun pagi dan jalan-jalan sekitar komplek menghirup udara super segar. Tour lihat sawah, peternakan sapi, kambing, bebek dll. Pokoknya back to nature deh.

09.00 Makan Pagi
Pagi pagi sarapan bubur. Nikmatnyaa

11.00 Makan Siang (Take Away)
Karena tempat wisata hari ini agak jauh dan bakal sampe di jam makan siang, kami sengaja ‘take away’ alias bungkus bekal untuk makan siang. We all know di tempat objek wisata makanannya rata-rata pasti kurang berkenan di hati hehe, jadi kami putuskan untuk mampir ke salah satu restoran saat on the way ke tempat wisata itu.

12.15 Objek Wisata 3: SITU GUNUNG SUSPENSION BRIDGE
Jembatan Gantung Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang yang berdada ditengah hutan dengan panjang mencapai 250 meter, lebar 2 meter dan ketinggian 150meter. Tidak perlu khawatir, karena pengunjung akan diberikan belt pengaman satu per satu dan jumlah pengunjung yang berada diatas jembatan pun dibatasi. Kalian dapat puas berfoto foto sambil menikmati keindahan gunung dan hutan dari atas jembatan. Bagi yang takut akan ketinggian disarankan tidak melintasi jembatan gantung ini ya.

Anda dapat menemukan loket tiket VIP yang mana harganya pasti lebih mahal dari tiket reguler. Keuntungan dari tiket VIP adalah pengunjung akan diantar menggunakan mobil melalui jalur shortcut (tidak berjalan kaki melewati jalur yang sudah ditentukan) dan akan tiba langsung di dekat Jembatan Gantung tersebut. Bagi yang masih muda atau suka foto-foto cukup mengambil jalur reguler, selain lebih ekonomis, pengunjung dapat berfoto-foto di spot spot bagus disepanjang jalan (hutan) ini loh. Bagi pengunjung yang berusia lanjut atau memiliki kendala dalam berjalan jauh dan menanjak dapat menggunakan pilihan fasilitas VIP ini.

Tiket Masuk Gerbang: Rp. 18.500/Orang
Tiket Masuk Regular: Rp. 50.000/Orang & Anak-anak :Rp. 25.000/Orang
Tiket Masuk VIP: Rp. 100.000/Orang

Setelah membeli tiket, kita di kasi welcome drink loh! bisa pilih kopi atau teh, lalu dikasi makanan ringan ubi dan pisang

The Famous Suspension Bridge

14.00 Objek Wisata 4: CURUG SAWER
Setelah puas foto-foto, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju objek wisata berikutnya, hanya tinggal mengikuti jalanan setelah menyebrangi jembatan, kita akan melewati …. kemudian sampai deh di curug sawer. Kita bisa berfoto-foto ria ataupun nyebur. Udara dan air yang sejuk betul-betul membuat kita akan merasa happy deh.
Tiket Masuk: Gratis

17.00 Kembali ke Pusat Kota (Kuliner)
Bersih-bersih, ganti baju, kemudian menuju ke pusat kota untuk kuliner dan cari cemal cemil khas Sukabumi. Kalian bisa langsung makan siang ataupun istirahat, kalau kami ‘take away’ kuliner dan makan di pengipan agar bisa sekalian mandi dan istirahat.

20.00 Makan Malam ‘Lagi’
Lapar melanda lagi, saatnya mencari makan malam yang katanya sangat terkenal di Sukabumi. Kami akhirnya menjatuhkan pilihan untuk mencoba makan Mie Buddy yang hanya buka malam hari.

HARI 03 : SUKABUMI – JAKARTA

07.00 Makan Pagi

07.30 Selabintana
Lokasinya terletak di paling atas dari arah pusat kota, di area Selabintana Conference Resort. Sembari jalan pagi, kami menemukan spot-spot yang dapat digunakan untuk berpiknik atau bersantai. Area ini pun sangat cocok untuk dijadikan tempat pelatihan, conference, atau meeting meeting tertentu yang sifatnya ‘full day’ atau seharian. Terdapat juga sederet kios kecil yang menjual berbagai macam tanaman dan tumbuhan.
Tiket Masuk: Rp. 15.000/Orang

11.00 Menuju Pusat Kota (Beli Oleh-oleh)
Tidak lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas sukabumi seperti sale pisang, mochi, mie sukabumi, dsb. Berikut rekomendasi toko oleh-oleh yang berada di pusat kota.

TOKO CS
Jl. A. Yani No.203, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111

12.00 Makan Siang

13.00 Istirahat

16.00 Kembali ke Jakarta

WHAT TO EAT IN SUKABUMI?

  • SOTO MIE MANG ECE ODEON

Kata temen saya yang merupakan warga lokal sukabumi, soto mie ini udah ada sejak lama banget dan rasanya endess. Menurut saya, kuahnya agak asin namun setelah di racik dengan cuka, kecap, sambel dll rasanya jadi gurih dan lezat. Tapi memang pada dasarnya i’m not a fan of soto mie sih. heheh..

Summary:
Rate: 7/10
Estimasi Harga: Rp. 25.000-30.000/Orang
Jam Buka: 09.00-19.00
Alamat: Jln. Pajagalan / Odeon No.31
Telp: 085549015195

  • KEDAI MIE BUDDY

Lokasinya berada di gang, jadi mungkin agak sedikit bingung karena dari luar tidak terlihat spanduk atau nama tempat makan ini. Om Buddy sudah mulai berjualan semenjak tahun 1970-an namun dulunya bukan di tempat yang sekarang ini, jadi bisa kebayang kan betapa Legend nya mie ini. 1 Porsi Mie Buddy ini porsinya luar biasa besar, bisa di bagi 3 mangkuk, jadi jangan kalap langsung pesan satu orang satu porsinya, kecuali memang kalau makannya banyak. Rasanya gurih dan manis, lulus buat saya.

Summary:
Rate: 8.5/10
Estimasi Harga: Rp. 65.000/Porsi (bisa untuk ber-3)
Jam Buka: Setiap hari kecuali Rabu Malam
Alamat: Jln. PGRI No.6, Sukabumi
Telp: (0266)-212066, 08164215665

  • RUMAH MAKAN CIKOLE

Makanannya enak banget, ayam, tempe orek, tahu, dan yang tidak boleh kelewatan yaitu bakwan jagungnya. Kalian harus pesan bakwan jagungnya! The best! Waktu itu dikarenakan kami ingin mengunjungi objek wisata Suspension Bridge, maka kami memutuskan untuk ‘take away’ alias bungkus dan makan di objek wisata.

Summary:
Rate: 9/10
Estimasi Harga: Rp. 20.000-25.000/Orang
Alamat: Jln. Cikole Dalam No.34, Sukabumi
Telp: (0266)-240028, 081908060808

  • BUBUR AYAM ODEON

Bubur ayam khas sukabumi, paket komplit dengan ayam rebus dan sayur asin, kentang dan pangsit goreng. Rasanya tidak bisa diungkap dengan kata-kata alias super endezz nendang terbang ke khayangan. Enggak bohong sesuai banget sama selera kami.

Summary:
Rate: 9/10
Estimasi Harga: Rp. 20.000-25.000/Orang
Jam Buka: 07.00-21.30
Alamat: Jln. Pejagalan No.33/50, Sukabumi

  • PUSAT BUBUR AYAM BUNUT

Lokasi sangat mudah ditemui, dan tempat makan cukup luas. Pengunjungnya rata-rata memang orang luar sukabumi, rasanya cukup oke, walaupun sama sama bubur tapi isinya agak beda sehingga agak sulit dibandingkan dengan Bubur Ayam Odeon.

Summary:
Rate: 7/10
Estimasi Harga: Rp. 25.000-30.000/Orang
Alamat: Jln. Siliwangi No.93/131, Sukabumi
Telp: (0266)-221325

  • AYAM BUNUT

Tempat makannya luas, ada dibawah dan diatas. Ada kolam ikan, pondokan, dan meja besar. Paket makan sepuasnya hanya 18rb, sudah termasuk nasi, ayam, tempe dan tahu. Nasi dan lalapan ‘all you can eat’ alias boleh nambah sepuasnya. Tempat dan rasa makanannya enak, recommended deh. Menu andalan ayam goreng dan ayam bakar, selain itu kalian harus pesan es kelapanya, segweerr bangett..Habis makan banyak spot foto foto WADIDAWW.

Summary:
Rate: 9/10
Estimasi Harga: Rp. 18.000-25.000/Orang
Jam Buka: 10.00-21.00
Alamat: Jln. Rumah Sakit No.1, Cikole Sukabumi

ANTOHER SNACK IN SUKABUMI?

  • COLENAK

Colenak merupakan makanan khas sunda, Colenak berasa dari kata ‘Di Cocol Enak’, perpaduan tape bakar, pisang pakar, keju, coklat, kelapa dan gula aren. Jarang banget deh bisa nemuin cemilan enak gini kalau di Jakarta, mumpung di Sukabumi, hajar blehh!

Estimasi Harga: Rp. 10.000-15.000/Porsi

  • BANDROS

Bandros merupakan makanan tradisional khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Rasa-rasanya macam kue pukis gitu.

Estimasi Harga: Rp. 5000-10.000/Porsi

  • NASI KUNING SUKABUMI

Walaupun nasi kuning tergolong mudah untuk kita temukan di Jakarta, namun nasi kuning di Sukabumi agak berbeda, jika kita beli nasi kuning, kita akan mendapatkan kuah, dan kuahnya kita siram ke dalam nasi kuningnya, jadi agak basah-basah gitu makannya.

Estimasi Harga: Rp. 10.000-15.000/Porsi

  • SEKOTENG ASLI SINGAPORE

Gerobaknya betulan tulisan sekoteng asli singapore dan tidak buka cabang lain. Bagi kalian yang suka manis, bisa pesan sekoteng dengan rasa pandan sedangkan yang ingin menghangatkan badan tentu dapat memasan dengan jahe.

Estimasi Harga: Rp. 10.000-15.000/Porsi
Alamat: Jl. A. Yani No.293, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43100

WHERE TO STAY IN SUKABUMI?


Trip kali ini saya dan teman teman stay di rumah salah satu teman didaerah Selabintana tepatnya komplek La Palma Residence, Jika Anda berniat untuk mengunjungi sukabumi dengan jumlah orang yang cukup banyak dan lebih memilih untuk menyewa rumah atau villa, Anda dapat mencoba untuk cek perumahan didaerah ini, banyak rumah-rumah kosong atau disewakan. Lokasinya menuju keatas dari pusat kota, kurang lebih hanya sekitar 10-15 menit berkendara. Jika Anda berniat untuk stay di hotel, berikut rekomendasi hotel ketuka berkunjung ke Sukabumi.

  • HORISON HOTEL 3-4*

Alamat: Jl. Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113

  • ANUGERAH HOTEL 4*

Alamat: Jl. Surya Kencana No.82, 43113 Sukabumi, Indonesia


Sekian trip dan ulasan saya untuk trip ke Sukabumi. Semoga dapat membantu dan menjadi salah satu referensi bagi Anda untuk berkunjung ke Sukabumi. Welcome to Sukabumi!!

Regards,

Yogie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s