WHERE TO GO IN CHINA? BUCKET LIST OF WHERE TO GO IN CHINA

Tidak terasa sudah sekitar 6 bulan kita cuman bisa dirumah dan gak bisa bepergian  untuk travelling. Sampai saat ini kasus Covid 19 di Indonesia masih cenderung meningkat setiap hari nya dan menjadi yang terbanyak di Asia Tenggara.

Jujur sedih banget liad kondisi ini, walaupun sudah berusaha dan berkontribusi dari stay home, gak keluar kalau gak penting, selalu menjaga kebersihan, pake masker dll tapi kasus di Indonesia tetep masih belum menunjukkan penurunan.

Banyak rencana harus berakhir batal atau ditunda. Recana ditunda sebenarnya bukan jadi masalah besar, tapi yang menjadi masalah utama adalah SAMPAI KAPAN? Gak ada yang bisa prediksi..

Travel industry tahun ini bisa di bilang lagi ‘hancur-hancuran’ dan masih belum tau kapan bisa bangkit lagi, tapi mari kita semua berharap agar musibah ini cepat berlalu dan kita semua bisa kembali beraktivitas dengan normal, dan bisa travelling lagi pastinya.

Berikut WISH LIST tempat-tempat yang pengen banget aku kunjungi tapi belum kesampean, sementara cuman bisa jalan jalan online dulu lewat internet gapapa deh. Walaupun belum bisa kesini karena berbagai macam halangan, semoga kedepannya bisa ngunjungin semua tempat tempat ini! Amin Amin Aminnn!

1.Feng Huang Town 凤凰市 / Phoenix City

Feng Huang dalam bahasa mandarin memiliki arti Phoenix. Sebuah kota tua yang terletak di provinsi Hunan. Dikarenakan berperingkat sebagai kota kuno top di China, kota ini menjadi panduan bagi orang-orang jaman sekarang yang ingin mengetahui bagaiaman kehidupan masa lalu di China. Dari rumah-rumah kayu, jalanan berbatu, dan sebagainya masih dipertahankan sesuai bentuk aslinya dari sekitar 300 tahun lalu.

Selain itu, kota ini juga masuk ke dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008 dalam kategori budaya. Kota Fenghuang ini dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian merupakan kota lama yang bersandarkan pada bukti dan menghadap sungai Tuojiang dan merupakan daerah wisata utama di tempat ini. Bagian lainnya lagi adalah kota baru yang merupakan area perumahan bagi penduduk setempat.

2. Furong Ancient Town 芙蓉

Masih terletak di provinsi Hunan,  Kota kuno ini sebagian besar terdiri dari sekolompong orang campuran etnis Tujia dan Miao (semacam etnis atau suku minoritas di China) dan sebagian kecil keturunan kelompok Han.

Katanya kota ini sudah ada lebih dari dua ribu tahun lamanya dan dikelilingi oleh pengunungan dan sungai yang sangat indah. Selain itu adapula air terjun Furong yang katanya salah satu objek wajib kalau kesini. Duh bagus banget, paling suka village village gini asli.

3. Lu Gu Lake 泸沽湖

Sebuah danau yang terletak di pinggir kota Lijiang, Provinsi Yunan. Pertama kali denger tempat ini karena nonton acara film China 客栈 (Ke Zhan) apa la gitu namanya udah lupa hehe, udah lama banget, 2017 mungkin, dan sejak saat itu masuk dalam bucket wish list tapi masih belum kesampean.

Katanya pemandangan danau ini bisa berubah ubah tergantung cuaca, misalnya kalau pagi hari ada kabut, sinar matahari yang tertutup kabut menyebabkan cahaya matahari menjadi warna orange yang samar samar karena tertutup kabut. Ketika cahaya matahari menyinari bukit bukit, bayangan bukti terpantul di air dan menyebabkan warna danau terlihat seperti warna hijau bukit. Ketika matahari terbenam, danau yang tenang berikut dengan hembusan angin lembut dan riak air serta bintang bintang dilangit membuat orang orang terpesona akan keindahannya. Waktu itu liad di TV aja rasanya indah banget, definetely in my top of bucket wish list!

Musim yang paling bagus untuk berkunjung kesini adalah musim semi atau gugur, soalnya daun daun dan bunga lagi bagus bagusnya memancarkan warna. Namun karena lokasi tempat ini di selatan China, jadi saat musim panas terasa sejuk dan saat musim dingin serasa hangat. The best deh pokoknya!

4. Crescent Lake 月牙泉

Terletak di kota Dunhuang, Provinsi Gansu. Kota ini letaknya agak jauh dari ibu kota Gansu, yaitu Lanzhou dan agak sulit dicapai. 

Yang bikin menarik adalah, tempat ini merupakan gurun pasir, ya gurun pasir, mungkin gak kebayang ya di China ada gurun pasir, namun yang lebih hebatnya lagi, Crescent Lake ini adalah danau atau mata air (oasis) yang berada di gunung pasir Gobi. 

Disini pengunjung bisa menyaksikan berbagai pemandangan danau dari awal matahari terbit hingga terbenam. Banyak yang bertanya tanya kok bisa ada mata air ditengah tengah padang pasir? Pernah ada penelitian yang meneliti bahwa bentuk lahan dari Crescent Lake ini adalah hasil dari angin alami yang menciptakan depresi atau semacam ventilasi sehingga pasir yang jatuh dari pegunungan disekitarnya akan tertiup ke sisi lain dan tidak akan membuat danau ini terkubur.

Crescent lake ini seiring waktu juga katanya terancam bisa hilang loh, karena Crescent lake ini sudah ada di antara bukti pasir ini selama ribuan tahun dan kenyataan bahwa permukaan air di danau ini semakin rendah setiap tahunnya. Semoga tempat ini tetap bisa ada dan kesampean bisa kesini. 

5. Datong Hanging Monastery 大同悬空寺

Terletak di kaki gunung Hengshan, dikota Datong, provinsi Shanxi. Biara ini dibangun sekitar tahun 491 yang berarti sudah bertahan sekitar 1500 tahun lamanya, ada bagian yang sesuai dengan aslinya dan ada bagian yang direnovasi karena sudah mulai hancur.

Yang bikin unik dari biara ini adalah biara ini tidak berada di tanah, melainkan bergantung didinding tebing atau batu. Jika dilihat dari bawah, biara ini terlihat seperti sebuah kastil yang jatuh di udara. Mungkin kita bertanya tanya, kenapa membangun biara seperti ini ? Alasan pertama karena membangun biara di tebing adalah untuk menghindari banjir, hujan dan salju. Alasan yang kedua katanya karena mengikuti ajaran Taoisme ‘tidak ada suara’, jadi kalau biaranya diatas mungkin tenang kali ya jauh dari gangguan suara. Kurang tau juga dan ga berani ngomong banyak dulu, tunggu udah kesana baru kuselidiki ya alasan sebenarnya. Namanya juga masih bucket list hahaha.

6. Huangling Village , Jiangxi 婺源篁岭景区

Desa Huangling adalah sebuah desa kuno yang tereletak di Wuyuan, Provinsi Jiangxi. Bisa dibilang, desa ini adalah desa anggun karena penuh dengan suasana kesederhanaannya namun indah. Banyak tempat tinggal kuno, teras, bunga, lereng bukit dan suasana pedesaan lainnya.

Desa ini dikelilingi oleh pemandangan yang mempesona sepanjang tahun, saat musim semi, banyak bunga bunga yang bermekaran dan menutupi terasering didesa ini. Saat musim panas, pohon pohon tua menjulang tinggi, jalanan setapak dari batu dan sungai yang berliku liku mengusir panasnya musim panas. Saat musim gugur daun beberguguran dan merupakan pemandangan yang wajib tidak boleh terlewatkan oleh masyarakat setempat. Sedang kan musim dingin ditutupi oleh salju putih yang sangat indah. Kalau lihat fotonya, rasanya mirip desa shirakawago di Jepang yaa.

7. Yading Nature Reserve (亚丁乡)

Yading adalah kota kecil yang berada di kabupaten Daocheng, Provinsi Sichuan. Kota ini terkenal sebagai salah satu tempat pemandangan alam terbaik yang palin terpelihara dan primitif di China. Dikarenakan pemandangan dataran tinggi yang sangat indah, terkadang tempat ini disebut sebagai ‘tanah suci terkahir dibumi’. Waktu yang paling bagus untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat musim gugur, selain cuacanya tidak panas dan tidak dingin, pemandangan daun daun yang berwarna kuning dan berguguran menjadikan pemandangan yang sangat mempesona ditempat ini.

8. Nine Dragon Waterfall, Yunan 九龙 瀑布

Nine Dragon Waterfall merupakan air terjun yang terletak di desa Yidule, dekat kota Luoping, di Provinsi Yunan.

Air terjun ini di desa ini disebut dengan air terjun sembilan naga dikarenakan cerita masyarakat setempat. Konon, ada legenda tentang sembilan naga hitam dan satu naga putih yang bertarung untuk menduduki lautan luas di kota Luoping. Setelah waktu yang lama, akhirnya naga putih pun kalah dan mati, sedangkan delapan naga hitam secara bertahap menetap di daerah yang berbeda. Naga hitam yang terkahir akhirnya menetap di daerah ini namun memiliki perilaku buruk dan membahayakan masyarakat setempat. Para dewa yang mengetahui hal ini akhirnya marah dan menghukum naga tersebut dengan memotong tempat tersebut menjadi 3 bagian kolam yang curam. Bagian pertama adalah bagian tertinggi yang merupakan air terjun, karena efek erosi bertahun tahun, bagian pertama ini perlahan berubah menjadi sepuluh air terjun dengan sembilan tingkat ukuran yang berbeda beda. Maka dari itu air terjun ini dikenal dengan sebutan ‘Sembilan Naga, Sepuluh Air Terjun’. 

9. Langmusi, Tibet 郎木寺

Langmusi adalah kota kecil di kawasan dataran tinggi Tibet dan merupakan tempat tinggal bagi mayoritas masyarakat penganut agama Buddha dan Muslim.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah keindahan alam sekitarnya. Hanya beberapa kilometer diluar kota Langmusi terbentang lautan padang rumput dan pegunungan. Katanya populasi pendudu disini kurang dari 5000 penduduk, wah berarti sepi sekali ya kotanya. Pas banget buat kita yang mencari ketenangan.

10. Tulou, Fujian 土楼

Tulou adalah sebutan bagi ruma suka Hakka, di Provinsi Fujian, yang berarti rumah tanah. Bangunan ini dibuat menggunakan bahan alami seperti tanah, kayu dan jerami. Yang unik dari Tulou ini adalah bentuk bangunan yang melingkar dan setiap bangunan besar ini bisa menampung sekitar 800 orang. Tujuan awal dibangun model rumah seperti ini adalah untuk pertahanan dari luar bangunan sehingga hanya ada satu pintu masuk dan jendela di atas lantai pertama. Katanya ada ribuan Tulou di Provinsi Fujian dan diantaranya ada 46 bangunan yang masuk ke dalam daftar warisan UNESCO loh!

Jadi apa kalian sudah siap untuk travelling lagi setelah kondisi aman dan penerbangan dibuka kembali? Semoga bucket list diatas bisa menjadi referensi untuk kita menyusun rencana travelling. Welcome to China!

Regards,

Yogie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s