6 FOODS YOU SHOULD TRY IN TIANJIN

What i like when go travel? FOOD! Yeah eat eat ! Here we go what food we need to try in Tianjin !

1. 狗不理包子 (Gou Bu Li Bao Zi) / Bakpao

Kalau kita terjemahkan dari bahasa mandarin, 狗 (Gou) artinya anjing, 不理 (Bu Li) artinya tidak peduli, 包子 (Bao Zi) artinya bakpao. Tapi sesungguhnya gak ada hubungannya sama binatang anjing sama sekali kok. 

Kata ini diambil dari seorang anak berusia 14 tahun yang datang ke Tianjin untuk berjualan aneka roti kukus, daging, bakpao dsb. Karena kepribadiannya yang keras kepala, orang tuanya dulu memberi julukan 狗不理 (Gou Bu Li) , bisa diartikan sebagai ‘slank’ untuk anak keras kepala. Lalu karena roti yang dibuat anak ini super lezat dan pembeli semakin ramai, akhirnya si anak membuka toko roti sendiri dengan nama 狗不理 (Gou Bu Li). Makanya sampai sekarang di Tianjin jadi terkenal akan bakpao ini.

Yang menjadi keunikan bakpao ini dari pada bakpao biasa adalah lipatan di bakpao 狗不理 (Gou Bu Li). Kalau kalian bandingkan dengan bakpao biasa, lipatan 狗不理 (Gou Bu Li)  setidaknya ada 15 lipatan atau lebih. Isi utamanya biasanya daging babi, campuran sayur ,dll.

2. 耳朵眼炸糕 (Er Duo Yan Zha Gao) / Fried Cake

Kalau di artikan ke bahasa Indonesia namanya agak sedikit unik, 耳朵 (Er Duo) artinya telinga, 眼 (Yan) artinya mata. Ternyata nama ini diambil dari nama tempat penjual pertama yang membuat kue ini. Dikarenakan toko tsb berada di gang yang sempit dan kecil bernama 耳朵眼胡同 (Er Duo Yan Hu Tong) dan rasa dari kue itu juga super lezat makanya orang orang sekitar memberi sebutan 耳朵眼炸糕 (Er Duo Yan Fried Cake) dan dipakai sampai saat ini.

Basically teksturnya semacam beras ketan yang digoreng terus isinya kacang merah dan gula merah. Bentuknya bulat bulat gepeng, di Indo mungkin kita juga bisa ketemu yang mirip-mirip, tapi ada yang tau namanya apa? 

3. 麻花饼 (Ma Hua Bing) / Fried Dough Twist

Bentuknya yang mirip seperti rambut kepang membuat makanan ini terlihat sangat unik. Camilan ini teksturnya crips, kriuk dan renyah, rasanya manis manis dan agak wangi. Selain itu katanya camilan ini bisa tahan lama loh, soalnya teksturnya kering dan asal di simpan di tempat yang kering dan tidak kedap udara, bisa tahan berbulan bulan.

4. 芝麻烧饼 (Zhi Ma Shao Bing) / Sesame Fried Cake

Bahan utamanya adalah garam, gula, wijen dan peanut oil. Pas masuk mulut rasanya lebih ke agak asin asin gitu, enggak lembut tapi enggak sampe crips. Makanan ini cukup populer mungkin karena ada kandungan wijen yang terkenal akan banyak khasiat kali yaa.

5. 熟梨糕 (Shou Li Gao) / Rice Flour Cake

I’m not really sure what it called in english, tapi makanan ini terbuat dari tepung beras yang dikukus lalu di kasi diberi varian rasa seperti stroberi, coklat, wijen, talas, apel, dll. Biasanya cemilan ini lebih populer di kalangan anak-anak, ibaratnya kayak jajanan pas masa kecil gitu deh. 

6. 糖炒栗子 (Tang Chao Li Zi) / Sugar Fried Chestnut

Biasanya chestnut ini lebih banyak ditemukan pada saat musim gugur atau dingin. Yang membuat chessnut itu agak berbeda dari yang lainnya adalah cara memasaknya. Orang utara (seperti Beijing dan Tianjin) mereka mencampurkan chessnut dengan semacam gula / sirup lalu di ‘oseng-oseng’ , digoreng dikuali tanpa menggunakan minyak dan terus diaduk sampai meresap. Jadi teksturnya saat digigit agak manis dan lembut.

Kalau punya kesempatan ke kota ini jangan lupa cobain camilan camilan diatas ya! Semoga sharing ini bermanfaat! Welcome to Tianjin!


Sekian,

Yogie

2 thoughts on “6 FOODS YOU SHOULD TRY IN TIANJIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s