ONE DAY TRIP TO TIANJIN

Sebelum kita bahas mengenai apa yang bisa kita lihat di kota ini, apakah kalian tahu 天津 (Tian Jin)  itu ibu kota dari provinsi apa? Hmm, Tianjin itu disebut sebagai munisipalitas di negara China, atau kalian bisa artikan sebagai ‘Daerah Istimewah’ gitu deh, punya status setingkat dengan provinsi dan langsung ditangani oleh pemerintah pusat. 

HOW TO GET TO TIANJIN?

Tianjin letaknya bener-bener sebelahan sama kota Beijing, bisa dibilang kayak Jakarta dan Bogor, untuk kesini bisa diakses menggunakan kereta cepat dan bisa beli tiketnya di ctrip.com (ini versi bahasa chinese sih) , tapi kalau kalian ganti bahasanya dia otomatis jadi trip.com (versi indo)

Cukup dengan waktu 30 menit menggunakan kereta cepat kalian udah bisa sampe di kota ini! Dan gak perlu takut kehabisan tiket kereta karena jadwal kereta cepat Beijing-Tianjin hampir setiap 15 menit sekali selalu ada jadwalnya.

WHAT TO SEE IN TIANJIN?

1. 古文化街 Ancient Culture Street

A must visit place if you come to Tian Jin (at least for me), nuansa tempatnya kayak old old chiese style gitu disepanjang area dan banyak toko toko yang jual barang barang unik kayak pajangan pajangan, patung, obat, teh, makanan, semua mua nya ada. Disini gua gak beli apa apa sih habis bingung kayaknya engga kepake, jadi cuman makan nyemil-nyemil aja, but menarik banget buat strolling around.

Transportation : Kalau dari 天津站 (Tian Jin Zhan) Stasiun kereta, kalian bisa naik bus jalur 634 / 645 / 832 / 645 / 5 dan stop di stasiun berikutnya (cuman 1 stop) di stasiun 胜利路站 (Sheng Li Lu Zhan), terus tinggal jalan kaki sekitar 800meter

Kalau kalian dari arah lain, kalian bisa stop di stasiun 东北角站 (Dong Bei Jiao Zhan) dan jalan sekititar 200-300 meter

2. 南市食品街 (Nan Shi Shi Pin Jie)

Kawasan makanan, cemilan, street food, restoran di kota Tianjin, tapi disini bukan street food outdoor ya, melainkan di dalam gedung gitu jadi indoor. Kalian bisa cobain berbagai macam makanan lokal disini lengkap.

Transportation : Kalau dari 天津站 (Tian Jin Zhan) Stasiun kereta, bisa naik jalur 672 / 824 / 24 , cuman 4 stop , turun di 南市食品街站 (Nan Shi Shi Pin Jie Zhan) dan udah langsung sampe deh.

3. 五大道 Five Great Avenues

Sebenernya ini nama dari 5 jalan di kawasan ini dan rata rata perumahan diarea ini semua nuansanya rumah rumah Eropa mix ada yang rumah Inggris, Italy, German dll, kalian bisa jalan jalan nelusuri jalanan ini sambil liat rumah rumah nuansa Eropa mix, memang sih mungkin sebagian orang akan mikir so boring cuma jalan liat rumah rumah, tapi well di China bisa nemuin rumah rumah kaya gini is a different atmosphere rasanya.

Selain itu kalian bisa ke tempat yang bentuknya kayak lapangan stadium ini, kalau kalian kesini waktu summer, akan banyak lihat orang orang berjemur, dan disepanjang lingkaran dalam stadium ini banyak toko toko unik dan restoran. Bagi kalian yang suka postcard, kalian bisa cari di salah satu toko ini karena bagus bagus gambarnyaa menurut gua.

Transportation : Kalau dari 天津站 (Tian Jin Zhan) Stasiun kereta, yang paling cepet kalian bisa naik bus jalur 951 sejauh 5 stasiun dan stop di stasiun 桂林路站 (Gui Lin Lu Zhan) dan jalan kaki sekitar 400 meter.

4. 意风景区 Italian Style Town

Italian? Kenapa banyak nuansa Eropa ya disini, soalnya dulu kota ini merupakan salah satu tempat kolonial bangsa Eropa, disini nuansanya lebih ke Italy dan banyak restoran restoran western dan bar bar. Areanya enggak gede, kalau mau kesini saran gua sore menjelang malem aja ya sekalian dinner aja soalnya lebih dapet suasananya (but the price is quite pricey), kalau ke sini siang hari hambarr rasanya HAHAH!

Transportation : Kalau dari 天津站 (Tian Jin Zhan) Stasiun kereta, kalian bisa naik bus jalur 645/8/638 cuman 3 stasiun dan stop di stasiun 意式风情区站 (Yi Shi Feng Qing Zhan) dan ini udah langsung sampai tinggal cari pintu gerbang masuknya aja.

5. 天津之眼 Tianjin Eye

Tianjin ferrish weel a.k.a bianglala. Biasa ini selalu jadi pemberhentian terkahir sebelum akhir dari one day trip, soalnya malem hari nuansanya baru enak dan lampu lampu pada nyala. 

Kalian juga bisa naik bianglala ini dengan bayar sekitar RMB70 (sekitar Rp.140-150rb) per orang selama 30 menit. Terakhir boleh naik sekitar jam 9 malam, tapi biasanya antriannya cukup panjang jadi kalau mau naik bisa datang lebih awal dan atur waktu ya.

Transportation : Kalau dari 天津站 (Tian Jin Zhan) Stasiun kereta, bisa naik bus jalur 5 dan stop di stasiun 三条石站 (San Tiao Shi Zhan) dan jalan kaki sekitar 500 meter-an , udah langsung keliatan bianglala nya.

Note :

Untuk jalur bus harap selalu double check yaa, karena who knows jalurnya tetap sama atau ada perubahan. Kalian bisa download Baidu Map (semacam google map China), but all in chinese :’) Jia You!

MY VERDICT

Pengaturan acara sebenernya balik lagi ke kalian lebih suka nyantai atau agak padet tapi bisa ke banyak tempat. Karena pada dasarnya memang kota TianJin ini enggak gitu banyak yang bisa dikunjungi dan one-day trip bisa banget dijalanin, tapi kalau kalian punya waktu lebih dan suka nyantai, 2 days would be a great idea, kalian masi bisa explore ke tempat lain lagi.

Sekian sharing gua tentang kota Tian Jin, semoga membantu! Welcome to Tian Jin !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s