THINGS TO DO IN TAI’AN CITY

泰安 (Tai An) adalah salah satu kota yang terletak di bagian barat dari provinsi Shandong. Dikarenakan posisi kota Tai’An yang dekat dengan Gunung Tai, pada jaman dahulu kota ini tidak boleh begitu saja dikunjungi loh, hanya kalangan tertentu seperti raja yang boleh kemari untuk berdoa.

WHAT TO SEE IN TAI’AN ?

1. 岱庙 (Dai Miao) atau Kuil Dai

Sebuah kompleks bangunan kuno terbesar dan terlengkap yang berada di kaki Gunung Tai. Kuil Dai adalah tempat para kaisar kuno menyembah dewa gunung dan mengadakan upacara. Jaman dulu, banyak raja dari berbagai dinasti datang ke Gunung Tai untuk berdoa, namun sebelum mereka boleh berdoa di Gunung Tai, mereka harus melakukan upacara keharusan di Kuil Dai ini. Kuil ini dulu juga dikenal dengan nama Kuil Dongyue dan dibangun di Dinasti Qin dan Han, lalu dibangun kembali di Dinasti Tang dan Song, dan diperbaiki lagi berkali-kali di Dinasti Ming dan Qing. Sampai saat ini, tempat ini masi sangat sakral dan masih kental sama budayanya.

Di dalam area ini, ada beberapa kuil, pavilion dan pohon-pohon dengan bentuk unik yang memiliki artian tersendiri.

Bi Xia, patung dengan wujud kura-kura yang memikul tablet raksasa. Katanya patung ini adalah perantara doa antara raja dengan dewa dan umur patung ini pun sudah sangat tua.

Dibelakang kuil ini juga terdapat taman luas yang cantik dan jika kalian berkunjung saat musim semu, banyak pemandangan indah yang bisa kalian foto untuk kenang-kenangan.

2. 皮影 (Pi Ying) atau Pertunjukkan Wayang Kulit

Salah satu pertunjukkan warisan budaya kelas dunia ‘Shandong Shadow Puppet Show’. Shadow Puppet adalah sebuah permainan seni kuno membutuhkan dua hingga dua tiga orang untuk melakukan pertunjukkan, tapi adapun pertunjukkan yang dapat dilakukan hanya oleh satu orang. 

Sebelum pertunjukkan dimulai, pembawa acara memperkenalkan kita tentang apa itu Shadow Puppet Show, bisa dibilang ini mirip dengan pertunjukkan wayang kulit di negeri kita, pembawa acara akan menjelaskan bahan kulit apa yang digunakan untuk membuat wayang tersebut, yangmana merupakan kulit domba, sapi, dan keledai. 

Pertunjukkan pertama hanya dilakukan oleh satu orang dan bercerita tentang seekor katak, kura-kura dan bangau. Yang hebatnya adalah sang dalang mampu memainkan 3 jenis puppet secara bersamaan loh!

Pertunjukkan kedua dibawakan oleh dua orang. Ceritanya tentang ‘ShiDangdang’ , seorang tokoh dari legenda kuno dari Gunung Tai. Cerita dikemas dengan adegan action dan humoris, seru deh pokoknya, walaupun engga sepenuhnya ngerti bahasanya, namun karena di projeksikan dengan boneka wayang, maka kita masih tetep bisa ngerti loh!

Bonus terakhir pembawa acara memperbolehkan kita mencoba langsung sebagai dalang juga loh, dan ini cukup seru juga walaupun engga semudah yang dipikirkan.

3. 孔庙 (Kong Miao) atau Kuil Konfusius

Kuil ini terletak di 曲阜 (Qu Fu), masi berada di bagian barat provinsi Shandong. Area kuil ini sebenarnya biasa di sebut dengan sebutan 三孔 (San Kong) dan terdiri dari 3 bagian yaitu Kuil Konfusius, Rumah Konfusius, Taman Konfusius

Kuil Konfusius adalah kuil yang dibangung untuk memperingati Konfusius, seorang guru, orang bijak dan  juga seorang filsuf sosial di China pada jaman dahulu.Kuil ini merupakan kuil Konfusius terbesar dan paling terkenal yang di Asia Timur.

Rumah Konfusius adalah tempat di mana keturunan keturunan Konfusius turun temurun tinggal. Ini adalah salah satu tempat paling lama digunakan di Cina dan salah satu bangunan kuno paling terkenal di Cina. Gua beruntung karena pada saat lewat kesini, mereka sedang ada pertunjukkan semacam ‘Opera China’ , walaupun enggak ngerti karena bahasa yang digunakan pun adalah dialeg bahasa yang sangat kental, tapi pertunjukkan itu cukup menarik untuk ditonton.

Taman Konfusius sebenarnya pemakaman keluarga Konfusius dan keturunannya, dan merupakan pemakaman keluarga terpanjang di dunia. Tidak begitu banyak yang dapat dilihat disini karena walaupun luas, tapi semuanya hanya pepohonan dan batu batu.

4. 泰山 (Tai Shan) atau Gunung Tai

Merupakan salah satu dari lima sacred mountains yang ada di China dan bisa dibilang sebagai icon dari kota Tai’An, jadi artinya kalau kekota ini wajib ke Gunung Tai. 

Untuk lebih lengkapnya mengenai Gunung Tai, bisa tengok juga di link yang ini yaa : https://yogiepangestu.com/2020/05/08/keindahan-gunung-taishan-one-of-five-sacred-mountains/

Sekian sharing dari gua di kota Tai’An! Welcome to Tai’An!

Sekian,

Yogie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s