CARA KE GREATWALL BEIJING DARI TENGAH KOTA

Great Wall Of China atau tembok besar China merupakan bangunan terpanjang yang pernah di buat manusia. Dalam bahasa mandarin greatwall juga sering disebut sebagai 万里长城 (Wànlĭ Chángchéng) yang artinya tembok sepuluh ribu mill, 1 里 (lĭ ) itu hitungannya 500meter, tapi bukan berarti panjang tembok Great wall China adalah 10.000x500meter = 5.000.000 meter / 5000km yaa. Kalau berdasarkan google, panjang tembok China +- sepanjang 21,2 juta meter dan ada yang bilang +- 8000km, manapun yang akurat, yang penting kita perlu tahu kenapa disebut tembok sepuluh ribu mil? Ini hanya frase yang digunakan untuk mengungkapkan betapa panjangnya tembok itu.

Tembok China ini dapat ditemukan tidak hanya di kota Beijing, tapi dikota-kota lainnya juga dari bagian timur sampai ke barat China. Di bawah ini, letak tembok Great Wall yang ada di China.

Image Source : China Highlights

HOW TO GET THERE?

So kali ini gua mau bahas gimana caranya ke GreatWall yang ada di kota Beijing. Jika kalian tinggal di tengah kota beijing, kalian bisa kesana menggunakan Bus khusus langsung ke Great Wall. 

Sebelumnya, di Beijing sendiri ada 4 titik pintu masuk Greatwall yang kalian bisa kunjungi, tapi semua berjauhan. Jika trip belum pernah ke Greatwall sebelumnya, gua rekomendasikan ke pintu masuk yang namanya 八达岭 (Ba Da Ling), karena akses untuk menuju ke titik ini lebih gampang dan jalur pendakian di sana engga terlalu curam dibanding yang lain (alias gak terlalu sengsara). 

Kalian bisa kesana dari 2 stasiun (tergantung kalian lebih dekat dari mana yah tinggalnya) :

1. Terminal 德胜门 (De Sheng Men) 

Kalian bisa ke sini menggunakan MRT sampai ke Stasiun 积水潭 (Ji Shui Tan) Line 2, turun dari stasiun kalian bisa jalan kaki sampai ke terminal 德胜门 (De Sheng Men), jaraknya hanya sekitar 500meter (5-10menit jalan kaki). Sampai disini kalian akan bisa lihat lapangan luas dan banyak bus warna putih hijau nomor 877! Jangan salah ya, walaupun hampir semua bus ke arah GreatWall, tapi pastikan kalian naik bus no 877 dan jangan nomor lain ataupun mobil van atau elf. 

Bus selalu ada setiap 10 menit sekali dari pagi jam 06.00 – 12.00, jadi kalian hanya tinggal perlu antri dan naik bus. Tiket bus bisa kalian bayar langsung saat naik bus, jadi kalian akan dikasi karcis dan bayar on the spot cash atau jika kalian sudah punya kartu transportasi (tap card MRT) juga bisa dipakai disini. Harga tiketnya RMB12 (sekitar Rp.25rb-an). Perjalanan akan memakan waktu selama 1-1,5 jam tergantung macet atau tidaknya ya.

Note : 

  • Disana bakal ada orang yang nawarin kalian naik mobil kecil atau taxi mobil, mereka bukan penculik, mereka pun bisa antar kalian ke Great wall tapi kalian nanti akan bingung dan harga tiketnya akan diketok mahal, jadi jangan sampai terkeco ya! 
  • Pastikan kalian berangkat ke Great Wall pagi karena bus ke sana terakhir hanya sampai jam 12siang dan kembali ke kota sekitar jam 4 atau 5 sore.

2. Terminal 前门 (Qian Men)

Jika kalian tinggalnya di daerah Tian An Men (forbidden city) / Wangfujing Shopping Area, kalian bisa naik bus dari terminal yang ini karena lebih deket. Kalian harus jalan ke bagian selatan dari Tian An Men Square (forbidden city), disana kalian akan lihat ada TOURIST BUS LINE 1 langsung ke Great Wall. Biasanya akan banyak orang ngantri juga, jadi kalian engga perlu bingung nyarinya engga susah. Cara bayarnya juga sama, bayar pada saat kalian naik bus, harga tiketnya RMB20 (sekitar Rp. 40rb-an) , iya memang agak lebih mahal mungkin karena bener bener di pusat kota banget posisi naiknya, dan disini harus cash ya! Gak bisa pakai tap card kayak diterminal De Sheng Men. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5jam-an atau lebih karena memang jaraknya lebih jauh dari pusat kota.

Note : 

  • Pembayaran karcis tiket hanya bisa pakai cash! Jadi jangan lupa siapkan uang cash ya.
  • Operating time dari jam 7 pagi sampai 11 siang untuk keberangkatan, dan kembali ke kota terkahir jam 4 sore

Sebenarnya masi ada beberapa cara lagi untuk sampai ke Greatwall menggunakan kereta atau rute bus lainnya. Tapi menurut gua, dua rute diatas itu yang paling gampang dan gua udah pernah coba dua-dua nya.

Welcome to Beijing! Semoga membantu !

Sekian,

Yogie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s